top of page
Blog: Blog2
Search
  • Writer's picturemicrofiber sport

Istilah dalam Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui

Updated: Feb 12, 2020


Memahami istilah dalam akuntansi sangat diperlukan agar Anda lebih mudah ketika berhadapan langsung dengan dunianya. Apalagi jika sebelumnya tidak memiliki pengetahuan mengenai masalah akuntansi, tentunya akan sangat tidak familiar dengan istilah-istilah yang ada. Untuk itu berikut ini adalah istilah-istilah akuntansi yang sangat populer di kalangan masyarakat.


Transaksi


Transaksi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh dua pelaku ekonomi atau lebih dan dapat memberikan dampak pada keuangan.


Kejadian


Seperti arti pada umumnya, dalam akuntansi sering ada istilah kejadian, yakni sebuah peristiwa yang menjadikan proses transaksi dapat berlangsung.


Jurnal


Jurnal sering kali disebut sebagai buku akuntansi, maksudnya di sanalah tempat segala aktivitas transaksi telah tercatat. Jurnal sering juga disebut sebagai buku harian dari perusahaan karena memang segala aktivitas sehari-hari yang terjadi dapat terekam dalam buku tersebut


Entitas


Gampangnya entitas merupakan sebuah pelaporan yang menyusun laporan tersebut. entitas di sini bisa diartikan sebagai perusahaan, perseorangan, instansi, dan lembaga bisnis lainnya.


Akun


Akun merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk mencatat transaksi apapun yang telah terjadi. Terdapat 5 jenis akun yang sering ada di dalam akuntansi, yakni ekuitas, aset, beban, liabilitas, dan juga pendapatan.


Buku Besar


Buku besar merupakan kumpulan data yang berisi mengenai akun-akun yang ada, yakni ekuitas, aset, beban, liabilitas, dan juga pendapatan. Buku besar merupakan lanjutan dari jurnal akan tetapi lebih dirinci lagi.


Ayat Jurnal


Ayat jurnal merupakan sebuah kegiatan pencatatan dalam buku yang merupakan langkah dasar. Pencatatan merupakan hasil dari transaksi yang telah dilakukan baik yang masuk maupun yang telah keluar.


Ayat Jurnal Koreksi


Seperti namanya, ayat jurnal koreksi merupakan sebuah perbaikan buku besar yang sebelumnya telah dibuat. Terkadang ketika mengoreksi kembali pencatatan yang telah dilakukan masih saja ditemukan kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki.


Ayat Jurnal Penyesuaian


Melalui ayat jurnal penyesuaian ini kesalahan dapat terlihat dengan jelas. Jurnal ini dilakukan pada akhir waktu atau ketika tutup buku. Adanya jurnal penyesuaian ini sangat penting agar laporan keuangan yang telah dibuat dapat benar-benar akurat hasilnya.

Mengetahui berbagai istilah dalam akuntansi sangat diperlukan agar dapat mengatur bisnis atau mengelola keuangan dengan baik. Namun, jika Anda tidak ingin repot-repot maka bisa langsung saja menggunakan jasa dari Finata. Layanan jasa tersebut telah berkomitmen untuk dapat membantu bisnis Anda menjadi terkelola dengan baik. Perencanaan hingga pengendalian kinerja bisnis semuanya bisa diatasi dengan mudah oleh jasa tersebut hingga perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat. Fokusnya adalah pada pengembangan software bisnis yang menitikberatkan para UMKM di Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau.

8 views0 comments
bottom of page