top of page
Blog: Blog2
Search
  • Writer's picturemicrofiber sport

Tak kalah penting dari laporan keuntungan, bisnis yang sehat bisa dilihat dari laporan utang piutang

Finata adalah program keuangan berbasis web yang murah, lengkap, dan bisa digunakan pemilik UKM. Berikut penjelasan kemudahan serta fungsi Finata.

Ingin tahu kondisi kesehatan suatu bisnis? Pengelolaan keuangan adalah salah satu indikator pentingnya. Aktivitas serta laporan keuangan yang seimbang dan rinci adalah kunci bisnis sehat. Finata menghadirkan kemudahan bagi pemilik bisnis dan pelaku UKM yang membutuhkan sistem pengelolaan keuangan berkualitas.

Apa Itu Finata?

Finata adalah perangkat bisnis berbasis web yang menawarkan berbagai fungsi pengelolaan keuangan. Anda dapat menggunakannya untuk mengelola pembukuan, mencatat pengeluaran dan pemasukan, mendata utang piutang, hingga menghitung pajak. Semua dirangkum dalam sistem pelaporan lengkap yang mudah dibuat, dan dengan biaya relatif murah.

Tidak seperti program keuangan lainnya, Finata memiliki kelebihan berupa sensor kesehatan keuangan serta fungsi koreksi fiskal. Dua fungsi ini membantu pemilik bisnis untuk terus menjaga dan memperbaiki sistem keuangan mereka. Tarif yang murah serta visual yang mudah dipahami membuatnya cocok untuk pengusaha baru.

Finata cocok untuk berbagai jenis bisnis. Anda dapat memanfaatkannya untuk menjalankan usaha manufaktur, dagang, jasa, hingga usaha rumah tangga.

Fitur Utama Finata

Finata menawarkan berbagai fitur yang mendukung pengelolaan keuangan secara menyeluruh. Gunakan semua fitur ini agar Anda bisa berfokus pada kegiatan pengembangan dan pengelolaan bisnis.

- Master Data

Ketika Anda membuat akun, Finata akan menyediakan sistem Master Data untuk menampung semua informasi usaha. Data ini meliputi nama dan detail bisnis, identitas pemilik, jumlah karyawan, saldo awal, data akun, rincian produk, daftar pemasok, info pajak, serta daftar aset. Semua dapat diakses dengan mudah kapan pun Anda membutuhkannya.

Setiap akun Finata hanya berlaku untuk satu perusahaan. Anda wajib membuat akun terpisah untuk setiap perusahaan atau bisnis. Hal ini menjamin akurasi serta kemudahan mengelola keuangan setiap bisnis.

- Jurnal dan Laporan Penjualan

Finata mencatat setiap transaksi penjualan secara rapi, mulai dari tahap penawaran (offer) hingga pencatatan transaksi. Finata juga mencatat setiap pembayaran baik tunai maupun tempo, dan membuat faktur pada saat yang sama dengan penjualan. Hal ini membantu menyingkat waktu transaksi serta mengurangi risiko kekeliruan dalam pencatatan.

Ingin tahu karakteristik pelanggan Anda? Rangkuman penjualan oleh Finata akan mencatat setiap transaksi secara rinci, termasuk piutang, sehingga Anda bisa menganalisis pelanggan paling baik maupun “bandel.”

- Jurnal dan Laporan Pembelian

Catat setiap tahap pembelian Anda, mulai dari pengiriman permintaan (inquiry), pemesanan, pembayaran dan utang, hingga siapa pemasok yang mengirimkan pesanan Anda. Setiap tahap dicatat secara rinci agar ada laporan mendetail tentang transaksi. Pencatatan ini juga membantu menentukan alur kerja dalam bisnis, agar tetap rapi.

Ingin tahu pemasok mana yang bisa Anda percaya dan yang tidak? Catatan rekap pembelian dalam sistem Finata membantu menunjukkan pemasok dengan harga terbaik dan paling tepat waktu. Hal ini akan memudahkan saat Anda harus menentukan daftar pemasok rutin serta cadangan yang akan mendukung kelancaran bisnis.

- Sensor Keuangan

Sensor keuangan adalah salah satu fitur terbaik Finata. Anda bisa melihat data lengkap terkait tren, rasio, dan pembandingan (komparasi) dalam seluruh kegiatan keuangan. Misalnya, Anda bisa melihat perbandingan laba bersih dengan aliran transaksi keuangan (cashflow), aset dengan ekuitas (ETA), neraca laba dan rugi, hingga penghitungan balik modal.

- Penghitungan dan Pelaporan Pajak

Finata menghadirkan fungsi penghitungan dan pelaporan pajak lengkap untuk memudahkan pengusaha menjalankan kewajiban. Fitur ini tersedia untuk penghitungan pajak bulanan dan tahunan, lengkap dengan fungsi koreksi fiskal untuk kalkulasi lebih akurat. Wajib lapor pajak menjadi lebih mudah.

- Pengelolaan Aset

Finata menghadirkan fitur pengelolaan aset terkait pendataan aset tetap di Master Data, baik yang berwujud maupun tidak. Anda juga bisa mendapat hasil penghitungan valuasi aset berdasarkan metode penyusutan resmi. Pastikan semua aset terdaftar agar Anda bisa menjaga kondisi bisnis serta mengelolanya dengan baik.

- Sistem Keamanan Keuangan

Finata memiliki sistem keamanan yang kuat dan terpercaya. Sistemnya mampu membuat cadangan data, melacak data audit untuk mencegah penipuan, serta melakukan impor-ekspor data secara lengkap untuk mencegah hilangnya informasi penting.

Finata juga memiliki fitur pengingat (reminder). Anda dapat mendapat peringatan untuk hal penting, seperti utang atau piutang yang masih harus dibayar.


Ingin lebih lengkap? kunjungi website kami :

http://finata.net/

5 views0 comments
bottom of page