top of page
Blog: Blog2
Search
  • Writer's picturemicrofiber sport

Mengenal Macam Pembiayaan Startup



sangat penting untuk memulai bisnis Anda sendiri. Hal ini bisa menjadi proses yang membingungkan tetapi sangat bermanfaat. Selain itu, rencana bisnis juga sangat penting dan pembiayaan adalah salah satu elemen yang dibutuhkan bisnis untuk berhasil. Jika bisnis Anda membutuhkan modal tetapi tidak memenuhi syarat untuk pinjaman bank, ada beberapa metode pembiayaan alternatif. Beberapa pemberi pinjaman juga dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Anda sudah mempunyai ide luar biasa untuk bisnis, telah melakukan penelitian, sedikit pengujian pasar, dan siap untuk meluncurkan usaha. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah memikirkan sumber dana awal atau modal. Kurangnya modal ternyata menjadi salah satu alasan yang wajar. Mencari modal adalah bagian yang sulit di balik bisnis karena memiliki banyak risiko. Hal ini karena mencari modal merupakan jalan menuju kesuksesan atau bisa jadi kegagalan. Pastinya Anda mulai lebih cerdas dalam mengusahakan pilihan Anda terutama biaya pengembangan bisnis.

Bagaimana Mencari Pembiayaan Startup?

Dengan begitu banyak risiko, penting untuk memiliki rencana bisnis yang kuat. Mencari nasihat dari pengusaha dan pakar yang berpengalaman juga sangat penting untuk dilakukan. Ada masa sulit untuk mempertahankan momentum dan antusiasme ketika memulai pencarian modal untuk mewujudkan impian startup Anda. Pendanaan awal untuk usaha kecil sangat sulit dipahami, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk mendapatkan bantuan. Faktanya, Anda memiliki banyak pilihan pendanaan startup yang dapat Anda pilih

Menggunakan Dana Pribadi

Pendanaan sendiri atau dikenal juga sebagai bootstrap adalah cara yang efektif untuk modal terutama ketika Anda baru memulai bisnis. Pengusaha sering mengalami kesulitan mendapatkan pendanaan tanpa terlebih dahulu menunjukkan rencana dan potensi keberhasilan. Anda dapat berinvestasi dari tabungan sendiri. Pendanaan sendiri atau bootstrap harus dianggap sebagai opsi pendanaan pertama karena memiliki banyak kelebihan. Ketika Anda memiliki uang sendiri, Anda tidak terikat dengan bunga atau bisnis.

Pinjaman Teman dan Keluarga

Cara alternatif untuk mencari modal untuk startup adalah dengan menjangkau teman dan keluarga. Banyak orang ragu untuk meminta pada teman dan keluarga karena potensi konflik emosional dan relasional, namun tidak salah untuk dicoba. Anda dapat menikmati manfaat dari pinjaman berbunga rendah atau tanpa bunga. Sementara anggota keluarga atau teman dapat mendukung sebuah visi dan mimpi Anda. Namun, masih disarankan untuk memiliki kontrak dan ketentuan perjanjian untuk kedua belah pihak.

Opsi ini sangat bagus untuk setiap pemilik startup yang memiliki akses kontak keluarga dan teman-teman yang memiliki uang untuk berinvestasi. Selama pemilik start up dapat membuktikan idenya sebagai bisnis yang layak dan menunjukkan rencana untuk menghasilkan pendapatan. Hubungan yang baik akan memberikan tingkat kepercayaan yang penuh pada bisnis startup Anda.

Pinjaman Bank

Biasanya, bank adalah tempat pertama yang dikunjungi pengusaha ketika memikirkan modal. Bank menyediakan dua jenis pembiayaan untuk bisnis. Ada pro dan kontra tertentu ketika membiayai bisnis dengan pinjaman bank. Sebagai permulaan, tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan persetujuan untuk pinjaman bank, dan pembayaran bunga minimum cukup rendah. Jika Anda ingin mengatur bisnis Anda dengan cepat namun tidak punya cukup uang, pinjaman bank bisa menjadi pilihan yang menarik.

Di sisi lain, penggunaan pinjaman bank bisa berisiko jika Anda terlambat membayar. Jika berbicara tentang suku bunga, Anda mungkin harus menanggung hutang ini selama bertahun-tahun jika Anda hanya melakukan pembayaran minimum.

Startup Inkubator

Mengenal macam pembiayaan startup tidak bisa dipisahkan dari mengelola bisnis baru. Inkubator startup dimulai dengan memperlihatkan ide bisnis Anda kepada perusahaan besar. Sistem inkubator akan memilih startup terbaik dan perusahaan besar akan memilih bisnis mana yang akan mereka berikan dana atau modal. Meskipun ada beberapa inkubator independen yang disponsori oleh perusahaan besar, namun biasanya yang lain dijalankan oleh lembaga pemerintah. Beberapa inkubator memiliki proses aplikasi, tetapi yang lain hanya dengan menghubungi melalui bantuan mitra terpercaya.

Bergantung pada pihak sponsor, inkubator dapat diorientasikan ke pasar atau golongan tertentu. Misalnya, inkubator yang disponsori oleh rumah sakit hanya dapat mencari startup dalam teknologi kesehatan. Sistem inkubator bisa menjadi masalah bagi Anda jika memiliki tim yang cukup besar. Sistem ini pada titik tertentu akan membuat Anda bergantung pada permintaan perusahaan yang memberikan modal awal.

Memenangkan Kontes Perlombaan

Kontes startup akan sangat membantu memaksimalkan peluang untuk penggalangan dana. Ini mendorong pengusaha dengan ide bisnis untuk mendirikan bisnis mereka sendiri. Dalam kompetisi semacam itu, Anda harus membuat produk atau menyiapkan rencana bisnis. Memenangkan kompetisi ini juga bisa memberi Anda liputan media.

Anda perlu membuat proyek Anda menonjol untuk meningkatkan kesuksesan dalam kontes ini. Anda juga dapat mempresentasikan ide Anda secara langsung atau meluncurkannya melalui rencana bisnis. Ini harus dilakukan dengan cukup komprehensif untuk meyakinkan siapapun bahwa ide Anda layak untuk diberikan investasi.

Dana Hibah atau Bantuan

Meskipun kompetisi dan kriterianya ketat, akses ke pendanaan startup yang relatif murah ini bisa menjadi pengubah nasib startup Anda. Hibah sangat spesifik untuk negara dan wilayah, jadi pastikan untuk menilai dengan benar kemungkinan di lingkungan Anda. Secara umum, hibah cenderung difokuskan pada teknologi tinggi, sains, dan kedokteran. Hibah lebih disesuaikan dengan proyek-proyek spesifik daripada membiayai seluruh bisnis. Dan mereka akan sering mengharuskan Anda untuk mencari dana dari sumber lain.

Selain itu, hibah sering mengharuskan Anda untuk sangat rinci tentang bagaimana Anda akan menghabiskan uang dan akan memiliki berbagai tingkat mekanisme kontrol setelahnya. Menemukan hibah yang tepat tidak mudah, karena biasanya tidak diumumkan secara luas. Carilah informasi melalui startup lain di wilayah Anda. Temukan informasi resmi hibah sehingga Anda selalu tahu kapan aplikasi baru akan dibuka.

Anda Mengalami Kesulitan untuk Mengurus Start Up?

Sebagai software bisnis yang handal, Finata hadir untuk mengatasi masalah pada bisnis Anda. Dengan banyak kelebihan yang ditawarkan, Finata menjamin setiap kemudahan dalam langkah bisnis Anda. Finata sangat cocok bagi Anda yang baru memulai bisnis ataupun Anda yang sudah lama bergelut dalam bidang ini. Dengan kemajuan zaman yang semakin modern, software ini sangat efisien. Hal ini dibuktikan sebab Finata dapat Anda akses kapanpun dan dimanapun dengan ponsel pintar.

Mengenal macam pembiayaan startup tidak bisa dijauhkan dari perhitungan bisnis. Jangan sampai dana yang masuk lebih sedikit daripada dana yang sudah Anda habiskan. Finata bisa membantu Anda untuk memastikan jumlah pemasukan dan pengeluaran sehingga Anda tidak perlu repot. Dengan kecanggihan yang ditawarkan, Finata juga mampu memeriksa kesehatan bisnis Anda dari segi dana. Sistem yang sangat intuitif juga ditawarkan untuk membantu Anda mendapatkan hasil perhitungan bisnis yang baik. Jadi tunggu apalagi? Tentukan pilihan terbaik ada sekarang juga.

Ingin lebih lengkap? kunjungi website kami :

http://finata.biz/

4 views0 comments
bottom of page