top of page
Blog: Blog2
Search
  • Writer's picturemicrofiber sport

Macam - Macam Rasio Keuangan






Di bawah ini, Anda akan mengenal lebih jelas mengenai apa itu rasio keuangan. Berikut adalah penjelasannya :

Rasio Profitabilitas

Tujuan utama dari setiap perusahaan bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan adalah sarana dan tujuan perusahaan. Rasio profitabilitas digunakan untuk mengukur seberapa baik kinerja suatu bisnis dalam hal laba. Rasio profitabilitas dianggap sebagai rasio keuangan dasar bank.

Dengan kata lain, rasio profitabilitas memberikan berbagai skala untuk mengukur keberhasilan perusahaan. Jika perusahaan memiliki rasio profitabilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pesaingnya, dapat disimpulkan bahwa perusahaan melakukan lebih baik daripada pesaing tertentu.

Rasio profitabilitas yang lebih tinggi atau sama dari suatu perusahaan dibandingkan dengan periode sebelumnya juga menunjukkan bahwa perusahaan itu baik-baik saja. Rasio profitabilitas juga disebut rasio laporan laba rugi karena sebagian besar item yang digunakan dalam perhitungan mereka diambil dari pendapatan.

Berikut ini adalah jenis utama rasio profitabilitas:

Analisis Margin Keuntungan Istilah margin keuntungan mengacu pada jumlah uang yang dihasilkan perusahaan setelah dikurangi biaya pokok penjualan dari pendapatan kotor. Margin laba direpresentasikan sebagai rasio untuk tujuan pembandingan. Perusahaan dapat menggunakan rasio margin laba untuk membandingkannya dengan margin laba dari periode sebelumnya atau untuk tujuan perbandingan dengan perusahaan yang serupa. Margin laba dihitung dengan mengambil laba dan membaginya dengan penjualan bersih. Ada tiga jenis rasio margin laba:

Marjin Laba Kotor Marjin Keuntungan Operasional Margin Laba Bersih Return on Equity (ROE): Return on equity ratio (ROE) mengukur berapa banyak yang diperoleh pemegang saham untuk investasi mereka di perusahaan. ROE memberi tahu para pemegang saham umum seberapa efektif uang mereka digunakan. Pengembalian Aset (ROA) Rasio ini menunjukkan seberapa menguntungkan perusahaan relatif terhadap total asetnya. Rasio pengembalian atas aset (ROA) menggambarkan seberapa baik manajemen menggunakan total aset perusahaan untuk menghasilkan laba. Semakin tinggi pengembaliannya, semakin efisien manajemen dalam memanfaatkan basis asetnya. Rasio ROA dihitung dengan membandingkan laba bersih dengan rata-rata total aset, dan dinyatakan sebagai persentase.

Rasio Likuiditas

Likuiditas mencerminkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya menggunakan aset yang paling mudah dikonversi menjadi uang tunai. Aset yang dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam waktu singkat disebut sebagai aset likuid. Hal ini tercantum dalam laporan keuangan sebagai aset lancar. Aset lancar digunakan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek.

Rasio likuiditas mengukur jumlah uang tunai atau investasi yang dapat dikonversi menjadi uang tunai untuk membayar pengeluaran dan hutang jangka pendek. Rasio likuiditas menentukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban lancar.

Macam-macam rasio keuangan likuiditas yang umum digunakan adalah:

Rasio saat ini: Rasio ini mengukur kemampuan organisasi untuk menghasilkan uang tunai untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Rumus: Rasio lancar yang lebih rendah berarti bahwa perusahaan mungkin tidak dapat membayar tagihannya tepat waktu, sementara rasio yang lebih tinggi berarti bahwa perusahaan memiliki uang tunai atau investasi aman yang dapat dimanfaatkan dengan lebih baik dalam bisnis. Rasio cepat Rasio ini juga disebut sebagai tes asam. Rasio ini menunjukkan apakah perusahaan memiliki cukup uang tunai untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Rasio cepat tidak termasuk inventaris dan aset lancar lainnya, yang lebih sulit diubah menjadi uang tunai. Rumus: Idealnya, rasio ini harus 1: 1. Jika lebih tinggi, perusahaan dapat menyimpan terlalu banyak uang tunai atau memiliki program penagihan yang buruk untuk piutang dagang. Jika lebih rendah, ini dapat mengindikasikan bahwa perusahaan terlalu mengandalkan persediaan untuk memenuhi kewajibannya.

Rasio Solvabilitas atau Leverage

Rasio solvabilitas melihat sejauh mana perusahaan telah bergantung pada pinjaman untuk membiayai operasinya. Akibatnya, rasio ini ditinjau dengan cermat oleh para bankir dan investor. Sebagian besar rasio solvabilitas membandingkan aset atau kekayaan bersih dengan kewajiban.

Rasio solvabilitas yang tinggi dapat meningkatkan eksposur perusahaan terhadap risiko dan penurunan bisnis, tetapi seiring dengan risiko yang lebih tinggi ini juga muncul potensi pengembalian yang lebih tinggi.

Beberapa pengukuran solvabilitas utama meliputi:

Rasio hutang: Rasio ini mengukur bagian dari modal perusahaan yang disediakan dengan meminjam yaitu, proporsi aset yang dibiayai oleh dana kreditor (utang). Rumus: Persentase rendah berarti bahwa perusahaan tidak terlalu bergantung pada leverage, yaitu, uang yang dipinjam dari dan / atau terhutang kepada orang lain. Semakin rendah persentase, semakin sedikit leverage yang digunakan perusahaan dan semakin kuat posisi ekuitasnya. Secara umum, semakin tinggi rasionya, semakin banyak risiko yang dianggap telah diambil oleh perusahaan. Rasio Hutang terhadap Ekuitas: Rasio hutang-ekuitas adalah rasio leverage lain yang membandingkan total kewajiban perusahaan dengan total ekuitas pemegang sahamnya. Rasio ini adalah ukuran dari berapa banyak pemasok, pemberi pinjaman, kreditor dan obligor telah berkomitmen terhadap perusahaan versus apa yang telah dilakukan oleh pemegang saham. Rumus: Semakin banyak hutang perusahaan melebihi kekayaan bersihnya, semakin kecil kemungkinannya untuk mendapatkan pembiayaan. Ketika jumlah ini meningkat, kemampuan perusahaan untuk memperoleh pembiayaan menurun.

Rasio Aktivitas

Rasio aktivitas adalah ukuran seberapa baik aset digunakan. Rasio aktivitas atau rasio turnover dapat digunakan untuk mengevaluasi manfaat yang dihasilkan oleh aset tertentu, seperti inventaris atau piutang dagang.

Rasio aktivitas / turnover yang paling umum adalah:

Rasio Perputaran Persediaan: Perputaran persediaan menunjukkan seberapa efisien perusahaan mengelola inventarisnya yaitu, produksi, gudang, dan distribusi produk, dengan mempertimbangkan volume penjualannya. Rasio perputaran persediaan adalah rasio harga pokok penjualan terhadap persediaan. Rumus: Rasio yang lebih tinggi dari enam atau tujuh kali per tahun umumnya dianggap lebih baik, meskipun perputaran persediaan yang sangat tinggi dapat mengindikasikan kehilangan penjualan. Sebaliknya, tingkat perputaran persediaan yang rendah berarti bahwa perusahaan membayar untuk menyimpan inventaris yang besar, dan mungkin terlalu banyak menimbun atau membawa barang-barang usang. Rasio Perputaran Piutang Usaha: Rasio ini memberikan ukuran seberapa cepat penjualan kredit diubah menjadi uang tunai. Rasio perputaran piutang usaha adalah rasio penjualan kredit bersih terhadap piutang. Rumus: Rasio turnover menunjukkan seberapa efisien suatu perusahaan menggunakan asetnya. Pengukuran menunjukkan seberapa cepat dan seberapa sering suatu aset (mesin atau investasi) membayar sendiri.

Jika peralatan yang lebih tua bekerja lebih lambat tetapi membayar untuk dirinya sendiri tiga kali dalam setahun, sementara model yang lebih baru membutuhkan waktu dua tahun untuk membayarnya sendiri, pemilik harus merenungkan apakah imbalannya sepadan dengan investasi yang lebih besar. Ini adalah rasio penjualan terhadap total aset.

Memang menghitung rasio bisa dikatakan tidak mudah, Anda membutuhkan sebuah software yang sekiranya bisa membantu keuangan Anda. Software Keuangan Usaha dari Finata bisa menjawab permasalahan Anda menghitung macam-macam rasio keuangan.

Ingin lebih lengkap? kunjungi website kami :

http://finata.biz/

9 views0 comments
bottom of page